Perbedaan Landing Page dan Website, harus diketahui penjual!

Table of Contents

Apa perbedaan antara landing page dan website?

Ketika menjalankan bisnis online, ada dua istilah yang penting untuk dipahami, yaitu landing page dan website.

Mungkin selama ini kamu menganggap keduanya sama, namun sebenarnya ada beberapa perbedaan antara landing page dan website.

Perbedaan Landing Page dan Website

Perbedaan Antara Landing Page dan Website

Perbedaan paling mencolok antara landing page dan website adalah navigasi. Website memiliki banyak menu dan tautan untuk menjelajahi isi lengkapnya. Di sisi lain, landing page lebih spesifik, fokus pada penawaran khusus dan mengumpulkan informasi pelanggan. Landing page berisi promosi tertentu, sementara website menyajikan konten lengkap dan profil bisnis. Tujuan pembuatan landing page adalah menjual produk atau mencari peluang keuntungan, sementara website memberikan penjelasan menyeluruh tentang bisnis dan merek. Untuk memahaminya lebih lanjut, mari jelajahi penjelasan secara mendetail.

Pengertian Landing Page

Landing page, juga dikenal sebagai halaman arahan, adalah sebuah situs web tunggal yang dibuat secara khusus untuk menawarkan sesuatu kepada pelanggan.

Menurut wpbeginner, ini merupakan alat serbaguna yang berguna untuk keperluan pemasaran, periklanan, dan kampanye merek dalam rangka mendapatkan prospek.

Fungsinya bervariasi, bisa berupa voucher diskon atau sampel produk yang ditawarkan kepada pelanggan untuk mencoba secara gratis.

Biasanya, landing page berisi informasi singkat tentang penawaran produk, didukung dengan gambar menarik, dan dilengkapi dengan tombol CTA (Call-to-Action) yang mengajak pelanggan untuk bertindak.

CTA ini bisa berupa ajakan untuk mendaftar ke daftar email, melakukan pembelian, mengisi formulir, dan lain sebagainya.

Dengan adanya landing page, pelanggan cenderung tertarik pada produk yang ditawarkan, dan ini dapat mendorong mereka untuk berlangganan atau berkonversi menjadi pelanggan berbayar.

Landing page mampu menjaga fokus pelanggan pada penawaran yang diberikan dan juga membantu bisnis untuk mengumpulkan informasi pelanggan sebanyak mungkin.

Baca juga : Cara Agar Website Kita Dikunjungi Banyak Orang

Tips Menggunakan Landing Page bagi Bisnis

Lantas, bagaimana cara menerapkan landing page untuk keperluan bisnis? Berikut tipsnya:

1. Tentukan Tujuan

Sebelum membuat halaman arahan (landing page), pastikan kamu memiliki tujuan yang jelas. Ada banyak pilihan tujuan yang bisa kamu tentukan.

Beberapa contohnya adalah mengarahkan pelanggan untuk mengisi formulir data diri singkat dan kontak, mengajak mereka untuk mendaftar atau bergabung, mendorong pelanggan untuk mengunduh sesuatu, dan lain sebagainya.

Dengan memiliki tujuan yang terdefinisi dengan baik, kamu dapat mencapai fokus dari pelanggan saat mereka mengakses halaman arahan yang telah kamu buat, sehingga mereka tidak terganggu oleh hal-hal lainnya.

Halaman arahan yang kamu buat akan berfungsi lebih efektif dan mampu menarik traffic sesuai harapan.

2. Pilih Target Audiens

Selain itu, sangat penting bagi kamu untuk memilih target audiens dengan cermat. Jadi, tentukan dengan jelas siapa yang menjadi sasaran utama dari halaman arahanmu.

Cara untuk menentukan target audiens dapat dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya, mengelompokkan mereka berdasarkan usia, jenis kelamin, pekerjaan, minat, dan lain-lain.

Dengan mengetahui target audiens secara jelas, kamu dapat membuat landing page yang sesuai dengan karakteristik mereka sehingga merekmu terasa lebih dekat dengan para pelanggan.

3. Buat Isi yang Menarik

Saat membuat halaman arahan (landing page), pastikan kontennya menarik sehingga audiens tertarik untuk mengikuti ajakan atau perintah yang disampaikan.

Kamu dapat menciptakan konten yang menarik dengan menggunakan kata kunci yang paling banyak dicari oleh target audiens.

Perlu diingat bahwa isi halaman arahan sebaiknya disusun dengan singkat dan jelas. Hal ini bertujuan agar audiens dapat dengan mudah memahami pesan yang ingin kamu sampaikan.

4. Lengkapi dengan Konten Visual

Tampilan visual adalah aspek penting lain yang sebaiknya kamu sertakan dalam halaman arahan.

Maka dari itu, perlu bagi kamu untuk menciptakan desain yang menarik, seperti menambahkan gambar atau video.

Dengan konten visual tersebut, audiens cenderung akan merasa lebih nyaman saat mengakses halaman arahan tersebut.

5. Pastikan CTA Berfungsi

Saat membuat halaman arahan (landing page), hal penting berikutnya yang harus diperhatikan adalah memastikan bahwa tombol CTA berfungsi dengan baik.

CTA atau Call-to-Action adalah tombol ajakan untuk mengundang audiens untuk melakukan tindakan tertentu. Sebagai contoh, kamu dapat menambahkan tulisan “Download sekarang!”.

Jika kamu tertarik untuk membuat Landing Page, kamu tak perlu repot dan mahal. Kamu bisa langsung menghubungi NGIKLAN AJA, yang akan membantu kamu dalam pembuatan landing page.

Layanan ini tidak hanya terjangkau secara harga, tetapi proses pembuatannya juga cepat dan profesional di NGIKLAN AJA.

Kamu hanya perlu menyiapkan informasi penting tentang produk, seperti judul, deskripsi, harga, cara pembelian, dan foto produk.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik link berikut ini.

Pengertian Website

Perbedaan Landing Page dan Website

Tidak seperti halaman arahan (landing page), website adalah situs atau halaman yang dapat digunakan untuk memberikan pengetahuan terkait merek kepada pelanggan.

Selain digunakan untuk menciptakan konten yang menceritakan tentang merek atau memberikan tips dan trik tertentu, website juga berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan pertanyaan dari pelanggan dan memberikan jawaban.

Umumnya, sebuah situs web bisnis terdiri dari halaman profil atau informasi tentang merek, halaman blog terpisah, halaman kontak atau hubungi kami, halaman produk dan layanan, serta halaman-halaman lain yang terkait dengan bisnis.

Sebuah situs web menyediakan lebih banyak ruang untuk menyajikan informasi seputar bisnis daripada halaman arahan.

Oleh karena itu, website menjadi tempat ideal untuk menunjukkan kepada pengguna apa yang bisnis tawarkan dan mendorong mereka untuk menjelajahi lebih dalam tentang merek yang mereka butuhkan.

Tips Menggunakan Website untuk Bisnis


Setelah memahami arti dan peran website, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk bisnis:

1. Menentukan Nama Domain

Dalam proses pembuatan website, penting untuk menentukan nama domain yang tepat. Sebaiknya gunakan nama bisnis sebagai domain untuk situs webmu.

Domain adalah URL yang dapat dibagikan kepada pelanggan, sehingga mereka bisa mengaksesnya melalui smartphone atau PC.

Namun, pastikan domain yang kamu pilih mudah untuk diketik dan diingat oleh pelanggan.

Jadi, hindari menggunakan singkatan, akronim, atau angka yang dapat menyebabkan kebingungan bagi pelanggan.

2. Pilih Hosting Web


Setelah menentukan nama domain yang sesuai, langkah selanjutnya adalah memilih layanan hosting web untuk menyimpan semua file dan data website.

Dengan menggunakan layanan hosting web, data dalam website kamu dapat diakses secara online oleh siapa pun.

Penting untuk memilih layanan hosting web yang menyediakan ruang server yang memadai. Dengan memilih hosting web yang tepat, pelanggan kamu akan dapat mengakses website dengan lancar.

3. Lengkapi dengan Navigasi

Jangan lupakan pentingnya menyertakan berbagai navigasi pada tampilan website.

Termasuk di antaranya halaman beranda, halaman toko online yang menampilkan produk, halaman lokasi, halaman kontak, dan lain sebagainya.

Dengan adanya navigasi ini, pengunjung dapat dengan mudah dan nyaman menjelajahi setiap informasi yang terkait dengan bisnis kamu.

4. Buat Konten Menarik

Setelah berhasil membuat website, isi lah halaman tersebut dengan berbagai konten menarik agar pengetahuan pelanggan tentang brand kamu semakin bertambah.

Contohnya, buatlah halaman blog terpisah yang berisi informasi bermanfaat seperti tips dan trik, serta lengkapi dengan tampilan visual yang menarik.

Jangan lupakan untuk mempromosikan website bisnismu di media sosial, sehingga dapat meningkatkan jumlah kunjungan dan mendorong peningkatan penjualan.

Demikianlah perbedaan antara landing page dan website yang perlu kamu pahami dalam menjalankan bisnis.

Jika sedang mencari solusi untuk website berjualan online, kamu bisa mencoba layanan Ngiklan Aja. Kami menawarkan jasa pembuatan website dengan berbagai macam template. Ayo, segera hubungi Kami sekarang!

Baca juga : Jasa Pembuatan Website Gresik

Perbedaan Landing Page dan Website

TINGKATKAN KREDIBILITAS BISNIS KAMU DENGAN MEMILIKI WEBSITE!

Jika kamu masih mencari Jasa Pembuatan Website yang sesuai dengan kebutuhan bisnismu, Ngiklan Aja dapat menjadi pilihan yang baik. Ngiklan Aja adalah jasa yang dapat membantu dalam pembuatan website dengan profesional dan sesuai dengan kebutuhan bisnismu.

Jadi, jangan ragu untuk menghubungi Ngiklan Aja dan mempercayakan pembuatan website bisnismu kepada mereka.

Hubungi Kami Layanan Pembuatan Website Gresik Jatim

Alamat : Jl. Jetis Kulon, Wonokromo, Kec. Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur 60243

WhatsApp : 0812-2559-8110

SMS : 0812-2559-8110

Telpon Seluler : 0812-2559-8110

Email : email.ngiklanaja@gmail.com

Related articles

Kontak Kami

Mau website yang terlihat bagus dan mudah dikelola?

Jangan biarkan bisnismu ketinggalan zaman dengan website yang kurang menarik. Percayakan pada ahlinya, hubungi kami sekarang!
Kenapa Harus Kami:
Buat website impianmu sekarang juga!